STRUKTUR KEPUTUSAN BAGIAN 2


STRUKTUR KEPUTUSAN (CASE)

 

1.    Pengertian Struktur Keputusan


Struktur keputusan adalah struktur program yang melakukan proses pengujian untuk mengambil suatu keputusan apakah suatu baris atau blok instruksi akan diproses atau tidak. Pengujian kondisi ini dilakukan untuk memilih salah satu dari beberapa alternatif yang tersedia.

a.   Select Case  Statement



     Visual Basic menyediakan struktur Select case sebagai alternative dari If..Then..Else untuk mengeksekusikan secara selektifbagi sebuah pernyataan blok diantara banyak blok pernyataaan. Sebuah pernyataan Select Case menyediakan kemampuan yang sama dengan If..Then..Else, tapi dia membuat kode lebih mudah dibaca ketika tersedia beberapa pilihan.
    Sebuah struktur Select Case bekerja dengan sebuah ekspresi pemeriksaan yang dievaluasisekali, pada bagian atas struktur . visual Basic lalu membandingkan hasil ekspersi ini dengan nilai untuk setiap Case didalam struktur. Jika ada yang cocok, maka mengeksekusi blok pernyataan yang terkait dengan Case

Select Case [Kondisi]
      Case [Ekspresi1]
            [Statement1]
      Case [Ekspresi2]
            [Statement2]
              ...
      Case Else
            [Statement n]
End Select



Contoh Program 1:

1.    Design Program
 

2. Pengaturan Propertis

NO
OBJEK
PROPERTIS
PENGATURAN
1
FROM 1
TEXT
Mini Market Semua Kita
2
LABEL1
TEXT
Cek Hadiah Sesuai Dengan Reward
3
LABEL2
TEXT
Jumlah Point Reward
4
LABEL3
TEXT
Hadiah
5
TEXTBOX1
TEXT
TxtJPR
6
TEXTBOX2
TEXT
TxtHadiah
7
BUTTON1
TEXT
Proses


NAME
BtnProses
8
BUTTON2
TEXT
Bersih


NAME
BtnBersih
9
BUTTON3
TEXT
Tutup


NAME
BtnTutup






3.    Alur Program
-  Input Jumlah Point Reward.
       -  Klik Proses, maka akan tampil keterangan Hadiah sesuai point reward.
          Tabel Hadiah sebagai berikut:
Point Reward
Hadiah
1000
Mug Cantik
1500
Boneka Cantik
2500
Kipas Angin
 2500
Dispenser

4.    Kode Program 

    * Ketik pada objek Button Proses sebagai berikut :
Private Sub btnproses_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnproses.Click
        Select Case Val(txtJPR.Text)
            Case Is <= 1000
                txtHadiah.Text = "Mug Cantik"
            Case Is <= 1500
                txtHadiah.Text = "Boneka Cantik"
            Case Is <= 2000
                txtHadiah.Text = "Kipas Angin"
            Case Is <= 2500
                txtHadiah.Text = "Dispenser"
            Case Else
                txtHadiah.Text = "Tidak Ada"

        End Select

    End Sub

* Ketik pada objek Button Bersih sebagai berikut :
Private Sub btnbersih_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnbersih.Click
        txtJPR.Text = ""
        txtHadiah.Text = ""

    End Sub

*Ketik pada objek Button Tutup sebagai berikut :
Private Sub btntutup_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btntutup.Click
        End
    End Sub

Tampilan program setelah dijalankan sebagai berikut




a.   Select Case  Dengan To

Digunakan untuk kondisi berupa range angka.

Bentuk Penulisan:
Select Case [Kondisi]
        Case [Nilai Awal1] to [Nilai Akhir1]
               [Statement 1]
        Case [Nilai Awal2] to [Nilai Akhir2]
               [Statement 2]
        ...
        Case Else
               [Statement n]
End Select





Contoh Program 2:

    1. Mengunakan objek pada contoh Program 1


   
     2. Alur Program
 -  Input Jumlah Point Reward.
       -  Klik Proses, maka akan tampil keterangan Hadiah sesuai point reward.
          Tabel Hadiah sebagai berikut:

Point Reward
Hadiah
500 – 1000
Mug Cantik
1001 – 1500
Boneka Cantik
1501 – 2000
Kipas Angin
2001 – 2500
Dispenser



3. Kode Program

   * Ketik pada objek Button Proses sebagai berikut :
Private Sub BtnProses_Click(ByVal sender As System.Object, ...
     Select Case Val(TxtJPR.Text)
                        Case 500 To 1000
                                 TxtHadiah.Text = "Mug Cantik"
                        Case 1001 To 1500
                        TxtHadiah.Text = "Boneka Cantik"
                        Case 1501 To 2000
                        TxtHadiah.Text = "Kipas Angin"
                        Case 2001 To 2500
                        TxtHadiah.Text = "Dispenser"
                        Case Else
              TxtHadiah.Text = "Tidak Ada"             
              End Select
     End Sub


    *  Ketik pada objek Button Bersih sebagai berikut :
Private Sub btnbersih_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnbersih.Click
        txtJPR.Text = ""
        txtHadiah.Text = ""

    End Sub

  
    * Ketik pada objek Button Tutup sebagai berikut :
Private Sub btntutup_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btntutup.Click
        End
    End Sub

   
Tampilan program setelah dijalankan sebagai berikut :



Operator Logika

Pengambilan suatu keputusan tidak hanya dapat dilakukan untuk satu kondisi pengujian, tetapi dapat dilakukan juga untuk beberapa kondisi pengujian. Untuk melakukan proses pengambilan keputusan dari 2 atau lebih kondisi diperlukan operator yang dapat menghubungkan kondisi-kondisi yang akan diuji tersebut. Adapun Operator yang digunakan adalah:

And
And adalah operasi yang melakukan pengecekan atas 2 kondisi atau variabel yang ada. Jika kedua kondisi bernilai true, maka hasil operasi AND adalah true,  selain itu false.

Or
Or adalah operasi yang melakukan pengecekan atas 2 kondisi atau variabel yang ada. Jika salah satu kondisi bernilai true, maka hasil operasi OR adalah true,  selain itu false.

Not
Not adalah operasi yang melakukan pengecekan atas 1 kondisi atau variabel yang ada. Jika kondisi bernilai true, maka hasil operasi NOT adalah false, dan sebaliknya.


Contoh:
Membuat Program untuk menentukan Lulus atau Gagal berdasarkan dua parameter nilai yaitu Nilai Potensi Akademik dan Nilai Psikotes.


Program Operator Logika:

1. Design Program







    2. Pengaturan Propertis

NO
OBJEK
PROPERTIS
PENGATURAN
1
FORM 1
TEXT
OPERATOR LOGIKA
2
LABEL1
TEXT
Hasil Tes Penerimaan Pegawai
3
LABEL2
TEXT
Nilai Potensi Akademik
4
LABEL3
TEXT
Nilai psikotes
5
LABEL4
TEXT
Hasil
6
TEXTBOX1
NAME
TXTNPA
7
TEXTBOX1
NAME
TXTNPS
8
TEXTBOX1
NAME
TXTHASIL
9
BUTTON1
TEXT
Proses


NAME
BtnProses
10
BUTTON2
TEXT
Bersih


NAME
BtnBersih
11
BUTTON3
TEXT
Tutup


NAME
BtnTutup







    3. Alur Program
Input Nilai Potensi Akademik dan Nilai Psikotes
- Klik Proses, maka akan tampil Keterangan LULUS atau GAGAL pada hasil.       Pengujiannya sebagai berikut:
Jika Nilai Potensi Akademik 85 keatas DAN Nilai Psikotes 75 keatas maka hasil: “LULUS” selain itu hasil: “GAGAL”

    4. Kode Program

* Operator AND

     Ketik pada objek Button Proses sebagai berikut :
Private Sub BtnProses_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles BtnProses.Click
        If TXTNPA.Text >= 85 And TXTNPs.Text >= 75 Then
            TXTHasil.Text = "LULUS"
        Else
            TXTHasil.Text = "GAGAL"

        End If
    End Sub

*Operator OR

v     Ketik pada objek Button Proses sebagai berikut :
Private Sub BtnProses_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles BtnProses.Click
        If TXTNPA.Text >= 85 OR TXTNPs.Text >= 75 Then
            TXTHasil.Text = "LULUS"
        Else
            TXTHasil.Text = "GAGAL"

        End If
    End Sub

 * Operator NOT



     Ketik pada objek Button Proses sebagai berikut :
Private Sub BtnProses_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles BtnProses.Click
        If TXTNPA.Text >= 85 NOT TXTNPs.Text >= 75 Then
            TXTHasil.Text = "LULUS"
        Else
            TXTHasil.Text = "GAGAL"

        End If
    End Sub









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perulangan (Looping)