STRUKTUR KEPUTUSAN BAGIAN 1


    

STRUKTUR KEPUTUSAN (IF)

1.    Pengertian Struktur Keputusan

   Struktur keputusan adalah struktur program yang melakukan proses pengujian untuk mengambil suatu keputusan apakah suatu baris atau blok instruksi akan diproses atau tidak. Pengujian kondisi ini dilakukan untuk memilih salah satu dari beberapa alternatif yang tersedia.

      - IF..THEN
         Digunakan suatu struktur if...then untuk menjalakan suatu pernyataan secara kondisional. Dan dapat menggunakkan sytanx ssatu baris ataupun syntax banyak baris.

If [Ekspresi Logika]  Then 
Atau
If [Ekspresi Logika] Then
End If
  
Kondisi biasanya suatu perbandingan, maupun ekspersi yang menghasilkan nilai numerik. Visual basic menginterprestasikan True atau False, sebuah nilai nol yang sama dengan nilai false,dan nilai yang tidak nol sama dengan true. Jika kondisi benar maka visual basic mengeksekusi sebuah pernyataan yang mengikuti kata then.

   -  IF...THEN...ELSE
Digunakannya suatu If..Then..Else untuk mendefisinikan beberapa blok pernyataan yang akan dijalankan salah satu berdasarkan kondisi yang memenuhi syarat.

If [Ekspresi Logika] Then
        [Statement 1]
Else
        [Statement 2]
End if

 

Visual Basic pertama memeriksa kondisi1. Jika bernilai False maka Visual Basic menlanjutkan memeriksa kondisi2 dan seterusnya sampai menemukan kondisi yang bernilai True. Ketika sudah menemukan kondisi True maka Visual Basic mengeksekusi blok pernyataan yang terkait, lalu mengeksekusikan kode yang yang mengikutin End If. Sebagai sebuah pilihan, kamu dapat menyertakan sebuah blok pernyataan Else, dimana Visual Basic mengeksekusi jika tidak ada kondisi yang bernilai benar.

Ekspresi Logika adalah suatu kondisi yang akan diuji. Untuk menetapkan nilai yang akan diuji pada suatu kondisi harus menggunakan Operator Relasi, yaitu :
     <       :    lebih kecil
     <=     :    lebih kecil atau sama dengan
     =       :    sama dengan
     <>     :    tidak sama dengan
     >       :    lebih besar
     >=     :    lebih besar atau sama dengan



Contoh 1:


          1.  Desain Program


 





2.   Pengaturan Propertis

NO
OBJEK
PROPRETIS
PENGATURAN
1
FORM1
TEXT
IF ELSE THEN
2
LABEL1
TEXT
NILAI HASIL UJIAN AKHIR
3
LABEL2
TEXT
NILAI
4
LABEL3
TEXT
HASIL
5
TEXTBOX1
NAME
TXTNILAI
6
TEXTBOX2
NAME
TXTHASIL
7
BUTTON1
TEXT
PROSES


NAME
BTNPROSES
8
BUTTON2
TEXT
BERSIH


NAME
BTNBERSIH
   

     3. Alur Program

  

-  Input Nilai
-  Klik Proses, maka akan tampil keterangan “LULUS” atau “GAGAL”        pada Hasil.
          Pengujiannya sebagai berikut:
          Jika Nilai 75 keatas maka “LULUS”
                        Jika Nilai dibawah 75 maka “GAGAL”



  
    4. Kode Program
    
·         * Kode program diketik pada Objek Button1 (Proses)  sbb:

Private Sub btnproses_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As
System.EventArgs) Handles btnproses.Click
        If txtnilai.Text >= 60 Then
            txthasil.Text = "LULUS"
        Else
            txthasil.Text = "GAGAL"

        End If

·       * Kode program diketik pada Objek Button2 (Bersih)  sbb:

 Private Sub btnbersih_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnbersih.Click
        txtnilai.Text = ""
        txthasil.Text = ""

    End Sub

Tampilan program setelah dijalankan sebagai berikut:



 



2.   Pengambilan Keputusan Dari Banyak Pilihan (Lebih dari 2 Pilihan)

Bentuk Penulisan:

If [Ekspresi Logika1] Then
        [Statement1]
ElseIf [Ekspresi Logika2] Then
        [Statement2]
ElseIf [Ekspresi Logika3] Then
        [Statement3]
...
Else
        [Statement n]
End if
 


       Struktur keputusan ini akan menguji Ekspresi Logika (kondisi) yang ditentukan, jika Ekspresi Logika1 bernilai True (benar) maka Statement1  akan diproses, tetapi jika kondisinya bernilai False (Salah) maka Ekspresi Logika2 akan diuji. Jika Ekspresi Logika2 bernilai True maka Statement2 akan diproses, tetapi jika kondisinya bernilai False maka Ekspresi Logika3 akan diuji. Jika Ekspresi Logika3 bernilai True maka Statement3 akan diproses, tetapi jika kondisinya bernilai False maka Statement n  yang akan diproses.

Contoh 2:
1.  Menggunakan Program pada Contoh1, tetapi Alur Program diubah     sebagai berikut:
-    Input Nilai
-    Klik Proses, maka akan tampil keterangan “LULUS” / “REMEDIAL” / “GAGAL” pada hasil.
          Pengujiannya sebagai berikut:
          Jika Nilai 75 keatas maka “LULUS”
          Jika Nilai 65 - 74 maka “REMEDIAL”
          Jika Nilai dibawah 65 maka “GAGAL”.

2. Kode Program
    
·    *Kode program diketik pada Objek Button1 (Proses) sbb:

Private Sub btnproses_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnproses.Click
        If txtnilai.Text >= 75 Then
            txthasil.Text = "LULUS"
        ElseIf txtnilai.Text >= 65 Then
            txthasil.Text = "REMEDIAL"
        Else
            txthasil.Text = "GAGAL"

        End If

·     *Kode program diketik pada Objek Button2 (Bersih)  sbb:

 Private Sub btnbersih_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnbersih.Click
        txtnilai.Text = ""
        txthasil.Text = ""

    End Sub

Tampilan program setelah dijalankan sebagai berikut:





Program 1 :

Penggunaan Objek ComboBox
Objek ComboBox digunakan untuk membuat daftar pilihan.
Untuk memasukkan daftar pilihan ada 2 cara:
(1)  menggunakan properties yaitu items
       Klik properties items, kemudian ketik daftar pilihan.
(2) menggunakan kode program
       BP. :
       NamaObjekComboBox.Items.Add(“Daftar Pilihan“)



1.  Desain Program sbb:



2.    Pengaturan Propertis

NO
OBJEK
PROPRETIS
PENGATURAN
1
LABEL1
TEXT
Kode Barang
2
LABEL2
TEXT
Nama Barang
3
LABEL3
TEXT
Harga Barang
4
BUTTON1
TEXT
Proses
5

NAME
BtnProses
6
BUTTON2
TEXT
Bersih


NAME
BtnBersih
7
BUTTON3
TEXT
Tutup


NAME
BtnTutup
8
COMBO BOX
NAME
CboKB


ITEMS
PL01



PL02



BK01



BK02
9
TEXTBOX1
NAME
TxtNB
10
TEXTBOX2
NAME
TxtHB


2.    Alur Program
Pilih (klik) salah satu Kode Barang pada objek ComboBox, maka akan tampil Nama Barang dan Harga Barang.
     Tabel Pengujiannya sebagai berikut:

Kode Barang
Nama Barang
Harga Barang
PL01
Pulpen Pilot
1200
PL02
Pulpen Standar
1000
BK01
Buku AA 60 Lbr
3800
BK02
Buku Sinar Dunia 50 Lbr
3000


3.    Kode Program

       *Kode program diketik pada Objek Button1 (Proses)  sbb:
Private Sub BtnProses_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles BtnProses.Click
        If CboKB.Text = "PL01" Then
            TxtNB.Text = "PULPEN PILOT"
            TxtHB.Text = 1200
        ElseIf CboKB.Text = "PL02" Then
            TxtNB.Text = "PULPEN STANDAR"
            TxtHB.Text = 1000
        ElseIf CboKB.Text = "BK01" Then
            TxtNB.Text = "BUKU AA 60 LBR"
            TxtHB.Text = 3000
        Else
            TxtNB.Text = "BUKU SINAR DUNIA 50 LBR"
            TxtHB.Text = 3000
        End If

    End Sub



·       *Kode program diketik pada Objek Button2 (Bersih)  sbb:
Private Sub BtnBersih_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles BtnBersih.Click
        CboKB.Text = ""
        TxtNB.Text = ""
       TxtHB.Text = ""

  End Sub

·     * Kode program diketik pada Objek Button3 (Tutup)  sbb:
Private Sub BtnTutup_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles BtnTutup.Click

        End

   End Sub


Tampilan program setelah dijalankan sebagai berikut:



Program 2 :

      1.   Desain Program

2.  Pengaturan Propertis

NO
OBJEK
PROPERTIS
PENGATURAN
1
FORM1
TEXT
Mini Market Kita Semua
2
LABEL1
TEXT
Kode Barang
3
LABEL2
TEXT
Nama Barang
4
LABEL3
TEXT
Harga Barang
5
LABEL4
TEXT
Jumlah
6
LABEL5
TEXT
Total Harga
7
COMBOBOX
NAME
CboKB


ITEMS
PL01



PL02



BK01



BK02
8
TEXTBOX1
NAME
TxtNB
9
TEXTBOX2
NAME
TxtHB
10
TEXTBOX3
NAME
TxtJLH
11
TEXTBOX4
NAME
TxtTH
12
BUTTON1
TEXT
Proses


NAME
BtnProses
13
BUTTON2
TEXT
Bersih


NAME
BtnBersih
14
BUTTON3
TEXT
Tutup


NAME
BtnTutup






3. Kode Program
    *  Kode program diketik pada Objek Button1 (Proses)  sbb:



Private Sub btnproses_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnproses.Click
        If cbokb.Text = "PL01" Then
            txtnb.Text = "PULPEN PILOT"
            txthb.Text = "1200"
            txtjlh.Text = "2"
            txtth.Text = "2400"
        ElseIf cbokb.Text = "PL02" Then
            txtnb.Text = "PULPEN STANDAR"
            txthb.Text = "1000"
            txtjlh.Text = "3"
            txtth.Text = "3000"
        ElseIf cbokb.Text = "BK01" Then
            txtnb.Text = "BUKU AA 60 LBR"
            txthb.Text = "3800"
            txtjlh.Text = "2"
            txtth.Text = "7600"
        Else
            txtnb.Text = "BUKU SINAR DUNIA 50 LBR"
            txthb.Text = "3000"
            txtjlh.Text = "3"
            txtth.Text = "9000"

        End If

    * Kode program diketik pada Objek Button2 (Bersih)  sbb:

  Private Sub btnbersih_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnbersih.Click
        txthb.Text = ""
        txtnb.Text = ""
        txtjlh.Text = ""
        txtth.Text = ""

    End Sub
  
    * Kode program diketik pada Objek Button2 (Bersih)  sbb:

Private Sub btntutup_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btntutup.Click

        End

    End Sub
Tampilan program setelah dijalankan sebagai berikut:


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perulangan (Looping)