TIPE DATA DAN VARIABEL
TIPE DATA DAN VARIABEL
A.TIPE DATA
1.PENGERTIAN TIPE DATA
Tipe data merupakan suatu bentuk penggolongan jenis data berdasarkan kategori data, ukuran dan kegunaan data yang dapat ditampung oleh sebuah variabel. Tipe data pada visual basic 2008 dapat dilihat pada table berikut ini :
2.KONVERSI TIPE DATA
Konversi Tipe data adalah sebuah fungsi yang digunakan untuk mengkonversi ( mengubah tipe dari satu tipe ke tipe data yang lain). Konversi tipe data dapat dilihat pada table berikut ini :
B.VARIABEL
1. PENGERTIAN VARIABEL
Variabel adalah merupakan tempat penyimpanan data dalam memori computer yang mengandung data atau nilai sementara dari sebuah proses pada suatu pemrograman.
2. DEKLARASI VARIABEL
Deklarasi Variabel adalah merupakan fungsi untuk mengenal suatu variabel berikut dengan tipe data yang pakai pada variabel tersebut. Pendeklarasian variabel di bagi menjadi dua kategori antara lain :
a. Deklarasi Ekplisit
Suatu pendeklarasian umum yang sangat sering dilakukan dengan memberikan kata kunci AS.
Bentuk umum : {Private | Public | Dim | …} Nama_Var [{As Tipe data}]
Contoh : Dim Nim as Integer
Dim Nama as String
b. Deklarasi Emplisit
Deklarasi Emplisit adalah suatu pendeklarasian yang tidak memberikan kata kunci As pada semua variabel tersebut. Melainkan memberikan satu karakter atau symbol di akhir variabel. Tabel symbol deklarasi emplisit.
* Karakter
- % = Integer
- $ = String
- & = Long
- @ = Currency
- ! = Single
- # = Double
3. RUANG LINGKUP VARIABEL
Ruang lingkup variabel sangat mempengaruhi sampai dimana nama variabel tersebut dapat dikenali oleh aplikasi. Ruang Lingkup Variabel dapat digolongkan menjadi :
a. Local Variabel
Local variabel merupakan suatu pendeklarasian variabel di dalam ruang lingkup objek saja. Tidak dapat digunakan di dalam objek lain.
b. Local Variabel
Global variabel adalah merupakan suatu pendeklarasian variabel tidak hanya di dalam ruang lingkup objek saja. Tetapi mencakup semua presedure dan objek.
4. KONSTANTA
Konstanta merupakan suatu variabel yang mempunyai nilai tetap dan tidak dapat diubah nilainya.
a. Deklarasi Konstanta :
{Const} Nama_Var [{AS tipedata}]=<nilai>
Contoh :
Const nama_bidang as string=”persegi_panjang”
Public const Panjang As Integer=8
Private const Lebar As Integer=5
Private const luas As Integer=Panjang*Lebar
Private const Keliling As Integer=2*(Panjang+Lebar)
b. Deklarasi Konstanta Enumerasi
Deklarasi Konstanta Enumerasi merupakan pendeklarasian daftar konstanta yang bersipat glo bal . Dengan deklarasi konstanta enumerasi dapat membuat daftar konstanta sendiri dapam bentuk seperti modul kelas dan dapat diakses oleh projek lain.
Format penulisannya :
{Private | Public | …. }[enum] Nama_Variabel_konstanta
Contoh :
Const nama_bidang as string=”persegi_panjang”
Private const Panjang As Integer=8
Private const Lebar As Integer=5
Private const luas As Integer=Panjang*Lebar
Private const Keliling As Integer=2*(Panjang+Lebar)
Public enum Hitung
Luas = Luas
Keliling=Keliling
end Enum
A=Hitung.Luas ‘menggunakan variabel enum luas
B=Hitung.Kelilin ‘ menggunakan variabel enum keliling
5.OPERATOR ARITMATIKA
Operator Aritmatika adalah merupakan suatu operator perhitungan matematika yang digunakan untuk proses perhitungan matematika. Operator aritmatika dapat dilihat pada table berikut ini :
5.OPERATOR PERBANDINGAN
Operator perbandingan adalah merupakan suatu operator yang menyatakan suatu kondisi itu benar atau salah. Operator perbandingan dapat dilihat pada table berikut ini :
6.OPERATOR LOGIKA
Operator Logika adalah merupakan suatu operator yang dapat membandingkan dua ekspresi atau lebih data logika (Boolean) dan menghasilkan data logika (Boolean) baru. Operator logika dapat dilihat pada table berikut ini:
7. OPERATOR PENUGASAN
Operator penugasan adalah merupakan operator yang bertugas untuk menentukan nilai yang dikeluarkan oleh suatu variabel terhadap kondisi tertentu.
8. OPERATOR PENGGABUNGAN
Operator Penggabungan adalah merupakan suatu operator yang dapat digunakan untuk menggabungkan dua buah string atau lebih. Operator Penggabungan dapat dilihat pada table berikut ini :
CONTOH PROGRAM :
Buat program untuk menghitung Luas dan Keliling Persegi Panjang dengan tampilan sbb:
1. Desain Program
2. Pengaturan Propertis
NO
|
OBJEK
|
PROPERTIS
|
PENGATURAN
|
||
1
|
FORM 1
|
TEXT
|
PROGRAM PERSEGI
PANJANG
|
||
2
|
LABEL1
|
TEXT
|
PERSEGI PANJANG
|
||
3
|
LABEL2
|
TEXT
|
PANJANG
|
||
4
|
LABEL3
|
TEXT
|
LEBAR
|
||
5
|
LABEL4
|
TEXT
|
LUAS
|
||
6
|
LABEL5
|
TEXT
|
KELILING
|
||
7
|
GROUPBOX1
|
TEXT
|
INPUT
|
||
8
|
GROUPBOX1
|
TEXT
|
HASIL
|
||
9
|
TEXTBOX1
|
NAME
|
TXTPANJANG
|
||
10
|
TEXTBOX2
|
NAME
|
TXTLEBAR
|
||
11
|
TEXTBOX3
|
NAME
|
TXTLUAS
|
||
12
|
TEXTBOX4
|
NAME
|
TXTKELILING
|
||
13
|
BUTTON1
|
TEXT
|
PROSES
|
||
NAME
|
BTNPROSES
|
||||
15
|
BUTTON2
|
TEXT
|
BERSIH
|
||
NAME
|
BTNBERSIH
|
||||
16
|
BUTTON3
|
TEXT
|
TUTUP
|
||
NAME
|
BTNTUTUP
|
||||
Perintah Program
Private Sub Btnproses_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Btnproses.Click
Txtluas.Text = Val(Txtpanjang.Text) * Txtlebar.Text
Txtkeliling.Text = 2 * (Val(Txtpanjang.Text) + Txtlebar.Text)
End Sub
Private Sub Btnbersih_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Btnbersih.Click
Txtpanjang.Text = " "
Txtlebar.Text = " "
Txtluas.Text = " "
Txtkeliling.Text = " "
End Sub
Private Sub Btntutup_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Btntutup.Click
End
End Sub
Tampilan program setelah dijalankan sebagai berikut:
Buat program untuk menghitung Luas dan Keliling Segitiga dengan tampilan sbb:
1. Desain Program
2. Pengaturan Propertis
NO
|
OBJEK
|
PROPERTIS
|
PENGATURAN
|
||
1
|
FORM 1
|
TEXT
|
SEGITIGA
|
||
2
|
LABEL1
|
TEXT
|
MENCARI LUAS DAN KELILING SEGITIGA
|
||
3
|
LABEL2
|
TEXT
|
ALAS
|
||
4
|
LABEL3
|
TEXT
|
TINGGI
|
||
5
|
LABEL4
|
TEXT
|
LUAS
|
||
6
|
LABEL5
|
TEXT
|
KELILING
|
||
7
|
LABEL6
|
TEXT
|
SISI A
|
||
8
|
LABEL7
|
TEXT
|
SISI B
|
||
9
|
LABEL8
|
TEXT
|
SISI C
|
||
10
|
GROUPBOX1
|
TEXT
|
INPUT LUAS
|
||
11
|
GROUPBOX2
|
TEXT
|
INPUT KELILING
|
||
12
|
GROUPBOX3
|
TEXT
|
HASIL
|
||
13
|
BUTTON1
|
TEXT
|
PROSES
|
||
NAME
|
BTNPROSES
|
||||
15
|
BUTTON2
|
TEXT
|
BERSIH
|
||
NAME
|
BTNBERSIH
|
||||
16
|
BUTTON3
|
TEXT
|
TUTUP
|
||
NAME
|
BTNTUTUP
|
||||
17
|
TEXTBOX1
|
NAME
|
TxtA
|
||
18
|
TEXTBOX1
|
NAME
|
TxtT
|
||
19
|
TEXTBOX1
|
NAME
|
TxtLuas
|
||
20
|
TEXTBOX1
|
NAME
|
TxtKeliling
|
||
21
|
TEXTBOX1
|
NAME
|
TtxsisiA
|
||
22
|
TEXTBOX1
|
NAME
|
TtxsisiB
|
||
23
|
TEXTBOX1
|
NAME
|
TtxsisiC
|
Perintah Program
Public Class Segitiga
Private Sub btnbersih_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnbersih.Click
txtA.Text = " "
txtkel.Text = " "
txtluas.Text = " "
txtsisiA.Text = " "
txtsisiB.Text = " "
txtsisiC.Text = " "
txtT.Text = " "
Private Sub btnbersih_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnbersih.Click
txtA.Text = " "
txtkel.Text = " "
txtluas.Text = " "
txtsisiA.Text = " "
txtsisiB.Text = " "
txtsisiC.Text = " "
txtT.Text = " "
End Sub
Private Sub btntutup_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btntutup.Click
End
End Sub
Private Sub btnproses_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnproses.Click
txtluas.Text = 0.5 * (Val(txtA.Text) * txtT.Text)
txtkel.Text = Val(txtsisiA.Text) + Val(txtsisiB.Text) + txtsisiC.Text
Komentar
Posting Komentar